BK.D.01 Siswa mampu mengidentifikasi masalah sehari-hari dan menjelaskan langkah-langkah penyelesaiannya menggunakan konsep dekomposisi, pola, abstraksi, dan algoritma.
BK.D.02 Siswa mampu memberikan contoh himpunan data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari (misalnya daftar nilai, jadwal, daftar nama).
LD.D.01 Siswa mampu menggunakan mesin pencari dengan kata kunci efektif dan memahami cara kerjanya secara sederhana.
LD.D.04 Siswa mampu membedakan fakta, opini, dan hoaks dalam berita digital.
LD.D.06 Siswa mampu mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer.
BK.D.05 Siswa mampu menuliskan instruksi langkah-langkah penyelesaian masalah dalam bentuk pseudocode sederhana dengan kosakata terbatas.
LD.D.05 Siswa mampu menggunakan perangkat teknologi pengolah dokumen, lembar kerja, dan presentasi.
LD.D.07 Siswa memahami konsep dan penerapan konektivitas jaringan lokal dan internet baik kabel maupun nirkabel.
LD.D.13 Siswa mampu membuat kata sandi yang aman dengan prinsip kombinasi karakter.
LD.D.015 Siswa mampu memilah informasi yang bersifat privat dan publik.
BK.D.03 Siswa mampu menggunakan lembar kerja pengolah data (spreadsheet) untuk mengorganisasi dan memanipulasi data sederhana.
BK.D.04 Siswa mampu menyelesaikan persoalan sederhana dengan representasi data terstruktur (tabel, grafik, atau array sederhana).
LD.D.02 Siswa mampu mengevaluasi kualitas informasi digital berdasarkan kredibilitas sumber.
LD.D.03 Siswa mengenal media pers digital dan ekosistem distribusi berita.
LD.D.08 Siswa mengetahui jenis ruang publik virtual.
LD.D.09 Siswa mampu menggunakan perangkat digital untuk produksi konten (teks, gambar, audio, video) dan menyebarkannya secara bertanggung jawab.
LD.D.010 Siswa memahami pentingnya menjaga rekam jejak digital.
LD.D.011 Siswa mengamalkan toleransi dan empati di dunia digital.
LD.D.014 Siswa mampu memahami pengamanan perangkat dari berbagai jenis malware.
BK.D.03 Siswa mampu menggunakan lembar kerja pengolah data (spreadsheet) untuk mengorganisasi dan memanipulasi data sederhana. (penguatan dan tingkat lanjut)
BK.D.04 Siswa mampu menyelesaikan persoalan sederhana dengan representasi data terstruktur (tabel, grafik, atau array sederhana). (penguatan dan tingkat lanjut)
BK.D.05 Siswa mampu menuliskan instruksi langkah-langkah penyelesaian masalah dalam bentuk pseudocode sederhana dengan kosakata terbatas. (tingkat lanjut dan integrasi)
LD.D.02 Siswa mampu mengevaluasi kualitas informasi digital berdasarkan kredibilitas sumber. (analisis lebih mendalam)
LD.D.09 Siswa mampu menggunakan perangkat digital untuk produksi konten (teks, gambar, audio, video) dan menyebarkannya secara bertanggung jawab. (projek integrasi)
LD.D.012 Siswa mampu menjelaskan dan menghindari perundungan digital (cyberbullying).
LD.D.016 Siswa memahami cara melindungi data pribadi dan identitas digital.
LD.D.017 Siswa menunjukkan kesadaran penuh (mindfulness) dalam dunia digital.