Capaian Pembelajaran Fase E
KEPUTUSAN
KEPALA BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
NOMOR 046/H/KR/2025
KEPUTUSAN
KEPALA BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
NOMOR 046/H/KR/2025
Pada akhir fase E, murid memiliki kemampuan sebagai berikut:
Berpikir Komputasional
Memahami konsep struktur data dan algoritma standar; menerapkan proses komputasi yang dilakukan manusia secara mandiri atau berkelompok untuk mendapatkan data yang berkualitas; menerapkan algoritma dan struktur data standar untuk menghasilkan berbagai solusi dalam menyelesaikan persoalan; menuliskan solusi rancangan program sederhana dalam format pseudocode yang dekat dengan bahasa komputer; memahami model dan menyimulasikan dinamika Input-Process-Output dalam sebuah komputer Von Neumann, serta memahami peran sistem operasi.
Literasi Digital
Memahami penggunaan mesin pencari dengan variabel yang lebih banyak; mengetahui ekosistem periksa fakta untuk memilah fakta dan bukan; menggunakan cara membaca lateral untuk mengevaluasi berbagai informasi digital; memahami pemanfaatan perangkat teknologi yang lebih beragam untuk pengolah dokumen, lembar kerja, dan presentasi; memahami konsep dan penerapan serta konfigurasi keamanan dasar untuk konektivitas jaringan data lokal dan internet baik kabel maupun nirkabel; memahami pemanfaatan media digital untuk produksi dan diseminasi konten, partisipasi dan kolaborasi; menghargai hak atas kekayaan intelektual, mengenal profesi bidang Informatika, memahami penerapan digitalisasi budaya Indonesia, menyaring konten negatif di dunia digital; menerapkan pengelolaan kata sandi dengan manajer kata sandi, dan menerapkan autentikasi dua langkah secara sederhana, serta menerapkan konfigurasi privasi dan keamanan pada akun platform digital.
Memahami konsep struktur data dan algoritma standar.
Menerapkan proses komputasi yang dilakukan manusia secara mandiri atau berkelompok untuk mendapatkan data yang berkualitas.
Menerapkan algoritma dan struktur data standar untuk menghasilkan berbagai solusi dalam menyelesaikan persoalan.
Menuliskan solusi rancangan program sederhana dalam format pseudocode yang dekat dengan bahasa komputer.
Memahami model dan menyimulasikan dinamika InputβProcessβOutput dalam sebuah komputer Von Neumann.
Memahami peran sistem operasi.
Memahami penggunaan mesin pencari dengan variabel yang lebih banyak.
Mengetahui ekosistem periksa fakta untuk memilah fakta dan bukan fakta.
Menggunakan cara membaca lateral untuk mengevaluasi berbagai informasi digital.
Memahami pemanfaatan perangkat teknologi yang lebih beragam untuk pengolah dokumen, lembar kerja, dan presentasi.
Memahami konsep dan penerapan serta konfigurasi keamanan dasar untuk konektivitas jaringan data lokal dan internet baik kabel maupun nirkabel.
Memahami pemanfaatan media digital untuk produksi dan diseminasi konten, partisipasi, dan kolaborasi.
Menghargai hak atas kekayaan intelektual.
Mengenal profesi bidang Informatika.
Memahami penerapan digitalisasi budaya Indonesia.
Menyaring konten negatif di dunia digital.
Menerapkan pengelolaan kata sandi dengan manajer kata sandi.
Menerapkan autentikasi dua langkah secara sederhana.
Menerapkan konfigurasi privasi dan keamanan pada akun platform digital.